PROFESI PADA BIDANG SI/TI DAN TREND SI/TI PADA SAAT INI

BAB 3

Profesi SI / TI

       A. PENGERTIAN PROFESIONALISME & CIRI-CIRI NYA


PENGERTIAN PROFESIONALISME

Profesionalisme (profésionalisme) ialah sifat-sifat (kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu dan lain-lain) sebagaimana yang sewajarnya terdapat pada atau dilakukan oleh seorang profesional. Profesionalisme berasal daripada profesion yang bermakna berhubungan dengan profesion dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, (KBBI, 1994). Jadi, profesionalisme adalah tingkah laku, kepakaran atau kualiti dari seseorang yang profesional (Longman, 1987).

CIRI-CIRI PROFESIONALISME
Seseorang yang memiliki jiwa profesionalisme senantiasa mendorong dirinya untuk mewujudkan kerja-kerja yang profesional. Kualiti profesionalisme didokong oleh ciri-ciri sebagai berikut:
1. Keinginan untuk selalu menampilkan perilaku yang mendekati piawai ideal.
Seseorang yang memiliki profesionalisme tinggi akan selalu berusaha mewujudkan dirinya sesuai dengan piawai yang telah ditetapkan. Ia akan mengidentifikasi dirinya kepada sesorang yang dipandang memiliki piawaian tersebut. Yang dimaksud dengan “piawai ideal” ialah suatu perangkat perilaku yang dipandang paling sempurna dan dijadikan sebagai rujukan.
2. Meningkatkan dan memelihara imej profesion
Profesionalisme yang tinggi ditunjukkan oleh besarnya keinginan untuk selalu meningkatkan dan memelihara imej profesion melalui perwujudan perilaku profesional. Perwujudannya dilakukan melalui berbagai-bagai cara misalnya penampilan, cara percakapan, penggunaan bahasa, sikap tubuh badan, sikap hidup harian, hubungan dengan individu lainnya.
3. Mengejar kualiti dan cita-cita dalam profesion
Profesionalisme ditandai dengan kualiti darjat rasa bangga akan profesion yang dipegangnya. Dalam hal ini diharapkan agar seseorang itu memiliki rasa bangga dan percaya diri akan profesionnya.
KODE ETIK PROFESIONAL
Kode etik profesi merupakan norma yang ditetapkan dan diterima oleh sekelompok profesi, yang mengarahkan atau memberi petunjuk kepada anggotanya bagaimana seharusnya berbuat dan sekaligus menjamin mutu profesi itu dimata masyarakat.
Apabila anggota kelompok profesi itu menyimpang dari kode etiknya, maka kelompok profesi itu akan tercemar di mata masyarakat. Oleh karena itu, kelompok profesi harus mencoba menyelesaikan berdasarkan kekuasaannya sendiri. Kode etik profesi merupakan produk etika terapan karena dihasilkan berdasarkan penerapan pemikiran etis atas suatu profesi.
Kode etik profesi dapat berubah dan diubah seiring perkembangan zaman. Kode etik profesi merupakan pengaturan diri profesi yang bersangkutan, dan ini perwujudan nilai moral yang hakiki, yang tidak dipaksakan dari luar.
Kode etik profesi hanya berlaku efektif apabila dijiwai oleh cita-cita dan nilai-nilai yang hidup dalam lingkungan profesi itu sendiri. Setiap kode etik profesi selalu dibuat tertulis yang tersusun secara rapi, lengkap, tanpa catatan, dalam bahasa yang baik, sehingga menarik perhatian dan menyenangkan pembacanya. Semua yang tergambar adalah perilaku yang baik-baik.

B.  JENIS – JENIS PROFESI DI BIDANG IT
Secara umum, pekerjaan di bidang teknologi informasi setidaknya terbagi dalam 4
Kelompok sesuai bidangnya, yaitu:   
1. Kelompok pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software),
    baik mereka yang merancang sistem operasi, database maupun sistem aplikasi.
    Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :

Sistem analis, merupakan orang yang bertugas menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.
Programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program ( baik aplikasi maupun system operasi ) sesuai system yang dianalisa              sebelumnya.

Web designer, merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan
analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
Web programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web                  designer, yaitu membuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.

2. Kelompok kedua, adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware).
    Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :

Technical engineer, sering juga disebut teknisi, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan perangkat system computer.
Networking engineer, adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.

3. Kelompok ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional system informasi.
    Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :

EDP Operator, adalah orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.          
System Administrator, merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap system, memiliki kewenangan menggunakan hak akses terhadap system, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah system.

C. DESKRIPSI KERJA IT (JOB DESCRIPTION)
1. Systems Analysts
Ø  Job Descriptions:        
1. Memperluas atau memodifikasi sistem untuk melayani tujuan baru atau
    meningkatkan alur kerja.    
2. Menguji, memelihara, dan memantau program komputer dan sistem, termasuk
    koordinasi instalasi program komputer dan sistem.           
3. Mengembangkan, dokumen dan merevisi prosedur desain sistem, prosedur
    pengujian, dan standar kualitas.     
4. Menyediakan staf dan pengguna dengan membantu memecahkan masalah
    komputer terkait, seperti malfungsi dan masalah program.           
5. Meninjau dan menganalisa hasil print-out komputer dan indikator kinerja untuk
    menemukan masalah kode, dan memperbaiki eror dengan mengkoreksi kode.    
6. Berkonsultasi dengan manajemen untuk memastikan kesepakatan pada prinsip
    prinsip sistem.                    
7. Mengkoordinasikan dan menghubungkan sistem komputer dalam sebuah
    organisasi untuk meningkatkan kompatibilitas dan sehingga informasi bisa
    dibagi.        
8. Menentukan software atau hardware komputer yang diperlukan untuk
     mengatur atau mengubah sistem.  
2. Database Administrators
Ø  Job Descriptions:        
1. Menguji program atau database, memperbaiki kesalahan dan membuat
    modifikasi yang diperlukan.          
2. Memodifikasi database dan sistem manajemen database yang ada.         
3. Merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan langkah-langkah
    keamanan untuk melindungi informasi dalam file komputer terhadap
    kerusakan, pemodifikasian atau akses yang tidak sah.      
4. Bekerja sebagai bagian dari tim proyek untuk mengkoordinasikan
   pengembangan database dan menentukan lingkup proyek dan keterbatasan.        
5. Menyetujui, menjadwal, merencanakan, dan mengawasi pemasangan dan uji
    coba produk baru dan perbaikan sistem komputer seperti instalasi database
    baru.           
6. Meninjau permintaan proyek, menggambarkan database user untuk
    memperkirakan waktu dan biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek. 
7. Mengembangkan standar dan pedoman untuk membimbing penggunaan dan
    perolehan perangkat lunak dan untuk melindungi informasi yang rentan.
           
3. Network Systems and Data Communications Analysts
Ø  Job Descriptions:        
1. Menguji dan mengevaluasi hardware dan software untuk menentukan efisiensi,
     reliabilitas, dan kompatibilitas dengan sistem yang ada, dan membuat
     rekomendasi pembelian.    
2. Desain dan implementasi sistem, konfigurasi jaringan, dan arsitektur jaringan,
    termasuk teknologi perangkat keras dan perangkat lunak, lokasi situs, dan
    integrasi teknologi. 
3. Membantu pengguna untuk mendiagnosa dan memecahkan masalah
    komunikasi data.    
4. Memantau kinerja sistem dan menyediakan langkah-langkah keamanan, tips
    dan pemeliharaan yang diperlukan.           
5. Menjaga dibutuhkan file dengan menambahkan dan menghapus file pada server
     jaringan dan membuat cadangan file untuk menjamin keselamatan file apabila
     terjadi masalah dengan jaringan.   
6. Bekerja dengan engineer lain, analis sistem, programer, teknisi, ilmuwan dan
    manajer tingkat atas dalam pengujian, desain dan evaluasi sistem.           

4. Computer Programmers
Ø  Job Descriptions:        
1. Memperbaiki kesalahan dengan membuat perubahan yang sesuai dan
    memeriksa kembali program untuk memastikan bahwa hasil yang diinginkan
    yang dihasilkan.     
2. Melakukan percobaan menjalankan program dan aplikasi software untuk
    memastikan bahwa mereka akan menghasilkan informasi yang dikehendaki dan
    bahwa instruksi sudah benar.         
3. Menulis, mengupdate, dan memelihara program komputer atau paket perangkat
     lunak untuk menangani pekerjaan tertentu seperti pelacakan inventaris,
     menyimpan atau mengambil data, atau mengontrol peralatan lainnya.    
4. Menyusun dan menulis dokumentasi pengembangan program dan revisi
     berikutnya, memasukkan komentar dalam kode instruksi sehingga orang lain
     dapat memahami program ini.       
5. Penyiapan diagram alur kerja rinci dan diagram yang menggambarkan input,
    output, dan operasi logis, dan mengubahnya menjadi serangkaian instruksi
    dikodekan dalam bahasa komputer.          
6. Berkonsultasi dengan dan membantu operator komputer atau analis system
    untuk mendefinisikan dan menyelesaikan masalah dalam menjalankan
    program-program komputer.          

5. Web Developers
Ø  Job Descriptions:        
1. Mendesain, membangun, atau memelihara situs web, menggunakan authoring
    atau bahasa scripting, alat penciptaan konten, alat manajemen, dan media
    digital.        
2. Melakukan atau update situs web langsung.         
3. Menulis, desain, atau mengedit konten halaman web, atau yang lain langsung
    memproduksi konten.         
4. Berunding dengan tim manajemen atau pengembangan untuk memprioritaskan
    kebutuhan, menyelesaikan konflik, mengembangkan kriteria konten, atau
    memilih solusi.       
5. Back-up file dari situs web untuk direktori lokal untuk pemulihan instan dalam
    kasus masalah.        
6. Mengidentifikasi masalah yang ditemukan oleh umpan balik pengujian atau
    pelanggan, dan memperbaiki masalah masalah atau merujuk pada personalia
    yang tepat untuk koreksi.   
7. Evaluasi kode untuk memastikan bahwa itu adalah sah, benar terstruktur,
    memenuhi standar industri dan kompatibel dengan browser, perangkat, atau
    sistem operasi.        

6. IT Project Managers
Ø  Job Descriptions:        
1. Mengembangkan dan mengelola work breakdown structure (WBS) proyek
    teknologi informasi.           
2. Mengembangkan atau memperbarui rencana proyek untuk proyek-proyek
    teknologi informasi termasuk informasi seperti tujuan proyek, teknologi,
    sistem, spesifikasi informasi, jadwal, dana, dan staf.        
3. Mengelola pelaksanaan proyek untuk memastikan kepatuhan terhadap
    anggaran, jadwal, dan ruang lingkup.        
4. Menyiapkan laporan status proyek dengan mengumpulkan, menganalisis, dan
    meringkas informasi dan trend.     
5. Menetapkan tugas, tanggung jawab, dan rentang kewenangan kepada personil
    proyek.        

7. Computer System Engineers
Ø  Job Descriptions:        
1. Berkomunikasi dengan staf atau klien untuk memahami persyaratan system
    tertentu.
2. Memberikan saran pada biaya proyek, konsep desain, atau perubahan desain.     
3. Dokumen desain spesifikasi, petunjuk instalasi, dan sistem informasi terkait
    lainnya.
4. Verifikasi stabilitas, interoperabilitas, portabilitas, keamanan, atau skalabilitas
    arsitektur sistem.    
5. Berkolaborasi dengan engineer atau pengembang perangkat lunak untuk
    memilih solusi desain yang tepat atau memastikan kompatibilitas komponen
    sistem.

8. Network and Computer Systems Administrators
Job Descriptions:        
1. Menjaga dan mengelola jaringan komputer dan lingkungan komputasi terkait termasuk
    perangkat keras komputer, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, dan
    semua konfigurasi. 
2. Melakukan backup data dan operasi pemulihan kerusakan.          
3. Mendiagnosa, memecahkan masalah, dan menyelesaikan perangkat keras, perangkat
    lunak, atau jaringan lainnya dan masalah sistem, dan mengganti komponen yang rusak
    bila diperlukan.      
4. Merencanakan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan langkah-langkah keamanan
    jaringan untuk melindungi data, perangkat lunak, dan perangkat keras.   
5. Mengkonfigurasikan, memonitor, dan memelihara aplikasi email atau virus software
    perlindungan.         
6. Mengoperasikan master konsol untuk memonitor kinerja sistem komputer dan
    jaringan, dan untuk mengkoordinasikan komputer akses jaringan dan penggunaan.        

9. Web Administrators
Ø  Job Descriptions:        
1. Back up atau memodifikasi aplikasi dan data yang terkait untuk menyediakan
   pemulihan kerusakan.          
2. Menentukan sumber halaman web atau masalah server, dan mengambil
    tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut.     
3. Meninjau atau memperbarui konten halaman web atau link pada waktu yang
    tepat, menggunakan tool-tool.       
4. Memonitor sistem untuk intrusi atau serangan denial of service, dan
    melaporkan pelanggaran keamanan untuk personil yang tepat.     
5. Menerapkan langkah-langkah keamanan situs web, seperti firewall atau
    enkripsi pesan.        
6. Mengelola internet / intranet infrastruktur, termasuk komponen seperti web, file
    transfer protocol (FTP), berita dan server mail.     
7. Berkolaborasi dengan tim pengembangan untuk membahas, menganalisis, atau
    menyelesaikan masalah kegunaan. 

10. Computer Security Specialists
Ø  Job Descriptions:        
1. Mengenkripsi transmisi data dan membangun firewall untuk menyembunyikan
     informasi rahasia seperti sedang dikirim dan untuk menahan transfer digital
     tercemar.   
2. Mengembangkan rencana untuk melindungi file komputer terhadap modifikasi
    disengaja atau tidak sah, perusakan, atau pengungkapan dan untuk memenuhi
    kebutuhan pengolahan data darurat.          
3. Meninjau pelanggaran prosedur keamanan komputer dan mendiskusikan
    prosedur dengan pelanggar untuk memastikan pelanggaran tidak terulang
    kembali.      
4. Berunding dengan pengguna untuk membahas isu-isu seperti akses data
    komputer kebutuhan, pelanggaran keamanan, dan perubahan pemrograman.       

5. Melatih pengguna dan meningkatkan kesadaran keamanan untuk memastikan
    keamanan sistem dan untuk meningkatkan efisiensi server dan jaringan. 
6. Mengkoordinasikan pelaksanaan rencana sistem komputer dengan personil
    pendirian dan vendor luar. 

D. STANDARD PROFESI IT DI INDONESIA
Saat ini Teknologi Informasi (TI) berkembang sangat pesat. Secara tidak langsung dinamika industri di bidang ini juga meningkat dan menuntut para profesionalnya rutin dan berkesinambungan mengikuti aktifitas menambah ketrampilan dan pengetahuan baru. Perkembangan industri TI ini membutuhkan suatu formalisasi yang lebih baik dan tepat mengenai pekerjaan profesi yang berkaitan dengan keahlian dan fungsi dari tiap jabatannya. Hal ini menimbulkan kebutuhan untuk dibentuknya suatu standar profesi di bidang tersebut. Para profesional TI, sudah sejak lama mengharapkan adanya suatu standar kemampuan yang kontinyu dalam profesi tersebut. Masih banyaknya pekerjaan yang belum adanya standardisasi dan sertifikasi Profesi IT di indonesia, dikarenakan Standardisasi Profesi IT yang diperlukan Indonesia adalah standar yang lengkap, dimana semua kemampuan profesi IT di bidangnya harus di kuasai tanpa kecuali, profesi IT seseorang mempunyai kemampuan, dan keahlian yang berbeda dengan bidang yang berbeda-beda, tapi perusahaan membutuhkan sebuah Pekerja IT yang bisa di semua bidang, dapat dilihat dari sebuh lowongan kerja yang mencari persyaratan dengan kriteria yang lengkap yang dibutuhkan perusahaan.
 Sertifikasi berbeda dengan ujian, lisensi ataupun registrasi. Registrasi mungkin berguna untuk statistik, tetapi tidak praktis untuk diterapkan akan lebih bermanfaat dengan sertifikasi. Untuk sertifikasi, inisiatif harus lahir dari sektor industri dan untuk bidang teknologi informasi sebaiknya berfokus pada model SRIG-PS (Special Regional Interest Group on Profesional Standardisation).
 Sertikasi pada model SRIG-PS berbeda dengan badan lain seperti IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Sertifikasi pada model SRIG-PS adalah independen, obyektif, dan tugas yang regular bagi kepentingan profesional dalam satu atau lebih area di teknologi informasi. Sedangkan sertifikasi IEEE adalah suatu jaminan tertulis, yang merupakan suatu demonstrasi formal yang merupakan konfirmasi dan merupakan suatu sistem atau komponen dari suatu persyaratan tertentu dan diterima untuk keperluan operasi. Sertifikasi ini memiliki tujuan untuk

1.      Membentuk tenaga praktisi TI yang berkualitas tinggi,
2.      Membentuk standar kerja TI yang tinggi,
3.      Pengembangan profesional yang berkesinambungan. 

Sedangkan bagi tenaga TI profesional tersebut Sertifikasi ini merupakan pengakuan akan pengetahuan yang kaya (bermanfaat bagi promosi, gaji), Perencanaan karir Profesional development & Meningkatkan international marketability. Ini sangat penting dalam kasus, ketika tenaga TI tersebut harus bekerja pada perusahaan multinasional, perusahaan akan mengakui keahliannya apabila telah dapat menunjukkan sertifikat tersebut.

      E. CONTOH SERTIFIKASI NASIONAL & INTERNASIONAL DI BIDANG IT
1.      SERTIFIKASI NASIONAL
Ada dua jenis Sertifikat yang diterbitkan oleh LSP Telematika, yaitu Certificate of Competence dan Certificate of Attainment.
A. Certificate of Competence yaitu sertifikasi berdasarkan level kualifikasi dan jenjang jabatan sesuai dengan yang ditetapkan oleh Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Certificate of Competence (Sertifikat Kompetensi) merupakan bukti pengakuan atas kompetensi seseorang setelah melakukan uji kompetensi dari suatu bidang keahlian kerja.
B. Certificate of Attainment yaitu sertifkasi atas unit kompetensi yang jenjang jabatannya berdasarkan kebutuhan pasar.



2.      SERTIFIKASI INTERNASIONAL

a.      Sertifikasi Software & Database Development
Oracle. Oracle Certified DBA adalah sertifikasi yang menguji penguasaan teknologi dan solusi Oracle dalam menjalankan peran sebagai administrator database. Pada jalur sertifikasi ini terdapat tiga jenjang sertifikasi berikut:
- Oracle Certified DBA Associate
- Oracle Certified DBA Professional
- Oracle Certified DBA Master
Microsoft.Microsoft menawarkan satu jenis sertifikasi untuk penguasaan teknologi produk database andalannya, Microsoft SQl Server. Microsoft Certified DBA adalah sertifikasi yang diberikan sebagai pengakuan kemampuan merancang, mengimplementasi, dan melakukan administrasi database Microsoft SQl Server.
 Contoh Sertifikasi Nasional dan Internasional 
 Nasional :
-Sertifikasi sistem manajemen mutu,
- Sertifikasi sistem manajemen lingkungan,
- sertifikasi produk,
- sertifikasi ekolabel
- sertifikasi sistem HACCP3

Internasional :
- Adobe Certification Testing
- Avaya Certification Testing
- CompTIA Certification Testing
- LPI (Linux Professional Institute) Certification Testing
- MySQL Certification Testing
- Novell Certification Testing
- Sun Academic Initiative Certification
- SAP Certification Testing
- VERITAS Certification Testing

Contoh Sertifikat Database yang dikeluarkan oleh ORACLE



b.      Sertifikasi Administration & Maintenance
1. Bidang Maintenance
Penguasaan teknologi yang diterapkan dalam bidang desaign, manufacturing, quqlity assurance, product support, maintenance dan overhaul telah mendapat pengakuan dari otoritas nasional maupun internasional. Dallam bidang engineering: sertifikasi JAA (otoritas Eropa) untuk CN – 235-110, DGAC (otoritas sipil – RI), IMAA (otoritas militer – RI). Dalam bidang quality assurance: sertifikasi dari GD – AS,BAe – Inggris, Lockheed – AS, Boeing – AS. Dalam bidang product support and Maintenance – overhaul – repair : untuk Aircraft service sertifikasi dari DGAC – RI,Hamkam dan Oman untuk turbin dan propulasi sertifikasi dari DGAC – RI, FAA – AS, Hamkam, Malaysia, Engine Manufacturers - AS – Kanada – Inggris – Prancis, ISO – 9002 serta DGAC – RI untuk Maintenance Organization.

2. Bidang Administration
Cisco Certified Network Associate (CCNA) merupakan salah bentuk sertifikasi network administrator,sertifikasi ini dikeluarkan oleh Cisco dan merupakan sertifikasi tingkat pertama dalam jajaran sertifikasi Cisco. Cisco sendiri merupakan vendor peralatan jaringan komputer terkemuka yang produknya banyak sekali dipakai oleh perusahaan-perusahaan. Materi pembelajaran CCNA dirancang agar lulusannya mampu melakukan installasi, konfigurasi dan memanage LAN, WAN, serta security dasar untuk jaringan kecil small office home office. Dengan mengambil sertifikat CCNA dari CISCO, Anda masuk kedalam jalur untuk menapaki karir profesional di bidang networking.

Contoh Sertifikat yang dikeluarkan oleh CISCO

c.       Sertifikasi Management & Audit
Internal Auditor merupakan profesi yang relative baru dalam dunia bisnis. Kebutuhan internal auditor di Indonesia mulai dirasakan setelah keluarnya Position Paper #1/2003 yang disampaikan kepada Gubernur Bank Indonesia, Menteri BUMN dan Ketua Bapepam mengenai penting dan strategisnya peran internal auditor dalam upaya mentransformasi good corporate governance principles dari tataran ideal ke dalam bentuk yang lebih konkret, yaitu tataran implementasi. Kebutuhan dunia bisnis akan internal auditor yang kompeten terus meningkat dan belum diimbangi oleh jumlah sumber daya kompeten secara memadai.
Qualified Internal Auditor (QIA)
Penyandang gelar QIA adalah internal auditor yang diakui memiliki pengetahuan dan keterampilan sejajar dengan auditor kelas dunia. Gelar QIA diberikan oleh Dewan Sertifikasi Qualified Internal Auditor (DSQIA) setelah melalui pelatihan dan ujian sertifikasi QIA


BAB 4
TREND SI / TI SAAT INI

    A. TREND PRODUK PERBANKAN

Pada saat ini Teknologi Informasi (TI) sudah begitu canggih dan memegang peran penting di berbagai bidang terutama di bidang bisnis yakni Perbankan. Bisnis Perbankan sangat memengaruhi ekonomi dunia saat ini terlebih perkembangannya begitu pesat dan penting semenjak ditemukannya komputer untuk pertama kalinya pada tahun 1955. Pada awal mulanya bisnis perbankan hanyalah sebuah jasa tempat pertukaran mata uang, kemudian berkembang menjadi jasa penitipan uang atau pada saat ini kami menyebutnya tabungan. Kemudian meningkat kembali menjadi tempat peminjaman uang dan dengan kolaborasi dalam waktu yang lama bersama perkembangan teknologi informasi maka bisnis perbankan telah mencapai tingkat seperti yang kami lihat saat ini, online banking, e-banking dan lain-lainnya.

    B.  E-Commerce, E-Government & E-Resource

E-Commerce
Electronic commerce atau e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekadar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau database, surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.



E-Government
Pemerintahan elektronik atau e-government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. E-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

E-Resources
Sama seperti e-government, e-resources juga salah satu penggunaan teknologi informasi untuk memberikan informasi atau memberikan data. E-resources dapat diaplikasikan pada kepentingan publik untuk meningkatkan efisiensi. Kita bisa mengambil contoh dari pendidikan, karena paling mudah dan paling sering ditemukan. Contohnya layanan e-resources perpustakaan nasional. Mereka memberikan kemudahan kepada pemustaka, mereka menyediakan layanan perpustakaan digital online (e-resources) seperti jurnal, ebook, dan karya-karya referensi online lainnya.


Contoh dari E-Resources


     C.  Sosial Media (TWITTER)

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli.
Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet." Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler

Sejarah Twitter
Sketsa cetak biru Twitter (2006) oleh Jack Dorsey, yang membayangkan sebuah layanan pesan singkat berbasis jejaring sosial.

Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Jack Dorsey, seorang mahasiswa sarjana di Universitas New York, mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Nama kode proyek asli untuk layanan ini adalah twttr, gagasan yang kemudian diungkapkan oleh Evan Williams dikemukakan olehNoah Glass; terinspirasi oleh Flickr dan kode singkat SMS Amerika yang jumlahnya lima digit. Para pengembang awalnya memutuskan angka "10958" sebagai kode singkat untuk layanan ini, namun kemudian diubah menjadi "40404" untuk kemudahan "penggunaan dan pengingatan."Pengerjaan proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006, ketika Dorsey memublikasikan pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi: "just setting up my twttr".

"...kami memilih kata 'twitter', dan itu sempurna. Defenisinya adalah 'ledakan singkat informasi tidak penting', dan 'celotehan burung'. Dan seperti itulah tepatnya produk ini. – Jack Dorsey

Twitter pertama kali digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo, dan versi lengkapnya diperkenalkan kepada publik pada tanggal 15 Juli 2006. Pada bulan Oktober 2006, Biz Stone, Evan Williams, Dorsey, dan staf Odeo lainnya membentuk perusahaan baru, mengakuisisi Odeo dan semua asetnya – termasuk Odeo.com dan Twitter.com – dari investor dan pemegang saham. Williams lalu memecat Glass, yang tidak mengungkapkan mengenai perannya dalam pendirian Twitter hingga tahun 2011. Twitter berdiri sebagai perusahaan mandiri pada bulan April 2007.
Titik puncak popularitas Twitter terjadi saat penyelenggaraan konferensi South by Southwest Interactive (SXSWi) pada tahun 2007. Selama acara tersebut, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan menjadi 60.000 kicauan per hari. Menurut Steven Levy dari Newsweek, "Orang-orang Twitter dengan cerdik menempatkan layar plasma 60 inci di aula konferensi, yang secara eksklusif menayangkan pesan Twitter. Para panelis dan pembicara membicarakan layanan tersebut, dan para blogger yang hadir memujinya."
Reaksi publik pada konferensi tersebut sangat positif. Blogger Scott Beale berkata bahwa Twitter "benar-benar merajai" SXSWi. Pakar media sosial,Danah Boyd, mengatakan bahwa Twitter "menguasai" konferensi. Staf Twitter menerima penghargaan Web Award, dan menyatakan: "kami ingin mengucapkan terima kasih dalam 140 karakter atau kurang. Dan kami baru saja melakukannya!".
Pesan Twitter pertama yang dikirimkan dari luar Bumi diposting dari Stasiun Luar Angkasa Internasional oleh astronot NASA bernama T. J. Creamer pada tanggal 22 Januari 2010. Pada akhir November 2010, rata-rata selusin kicauan per hari diposting dari akun @NASA_Astronauts. NASA juga telah menggelar lebih dari 25 "tweetups", yaitu ajang yang menawarkan akses VIP ke fasilitas NASA bagi para peserta di jejaring sosial untuk meningkatkan tujuan penjangkauan NASA.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS REVIEW JURNAL (WIRESHARK)

TREND SI/TI MASA DEPAN DAN DALAM BIDANG BISNIS

ITIL (INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY) & STRATEGI LAYANAN ITSM

DESAIN & TRANSISI LAYANAN

OPERASI LAYANAN & PENGELOLAAN LAYANAN BISNIS

TUGAS SISTEM KEAMANAN TEKNOLOGI INFORMASI 3