SISTEM CERDAS


Definisi Sistem Cerdas
Sistem Cerdas dapat diartikan sebuah kecerdasan yang dibuat oleh manusia dan dimasukan kedalam suatu alat atau mesin, sehingga alat atau mesin tersebut mampu melakukan aktivitas dan menirukan logika seperti manusia. Sistem cerdas mempelajari cara bertindak sehingga mampu mencapai tujuannya. Oleh sebab itu sistem cerdas tidak cocok disebut sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan kehidupan manusia. Namun sistem cerdas cocok jika disebut sebagai komputer yang menyerupai cara kerja otak manusia. Sistem cerdas memiliki tiga komponen utama. Ketiga komponen ini memiliki keahlian masing-masing dalam meniru cara kerja otak manusia.
Komponen-komponen dalam Sistem Cerdas dapat dijelaskan sebagai berikut:
 1. Artificial Neural Network merupakan konsep bagaimana otak manusia bekerja, dimana otak manusia terdiri atas sel saraf yang memiliki network. Network atau jaringan ini dirumuskan menjadi sebuah persamaan matematis sehingga dapat diaplikasikan pada prosesor.
2. Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan merupakan kelanjutan dari Artificial Neural Network, yaitu konsep bagaimana manusia berpikir. Komputer diharapkan dapat berlaku dan mengambil keputusan seperti manusia, serta mampu mempelajari permasalahan yang ada.
3. Fuzzy Logic atau Logika Samar, merupakan perasaan yang ditanamkan pada komputer, yakni dengan cara mengambil keputusan 'diantara 1 dan 0'. Sehingga komputer dapat memiliki toleransi, unsur rasa atau 'kira-kira', dan kesensitifan dari input yang diberikan.

Karakteristik Sistem Cerdas

  Ø  Memiliki fasilitas informasi yang handal.
  Ø  Mudah dimodifikasi.
  Ø  Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer.
  Ø  Memiliki kemampuan untuk belajar beradaptasi.
  Ø  Bekerja secara sistematis berdasarkan pengetahuan dan mekanisme tertentu.
  Ø  Dapat menalar data-data yang tidak pasti dan memberikan beberapa alasan pemilihan.
  Ø  Dikembangkan secara bertahap dan terbatas pada bidang keahlian tertentu saja.
  Ø  Output yang dihasilkan sesuai dengan apa yang kita harapkan.


Contoh Sistem Cerdas dalam Bisnis


1. DATA MINING



Ada beberapa definisi dari data mining yang dikenal di buku-buku teks data mining, diantaranya adalah :

Data mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual.
Data mining adalah analisa otomatis dari data yang berjumlah besar atau kompleks dengan tujuan untuk menemukan pola atau kecenderungan yang penting yang biasanya tidak disadari keberadaannya
Dari definisi-definisi itu, dapat dilihat ada beberapa faktor yang mendefinisikan data mining :

1. Data mining adalah proses otomatis terhadap data yang dikumpulkan di masa lalu

2. Objek dari data mining adalah data yang berjumlah besar atau kompleks

3. Tujuan dari data mining adalah menemukan hubungan-hubungan atau pola-pola yang mungkin memberikan indikasi yang bermanfaat

2. ATM


ATM (Automatic teller machine atau automated teller machine, di Indonesia juga kadang merupakan singkatan bagi anjungan tunai mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia.

Komponen ATM

Setiap transaksi yang terjadi informasinya akan diterima oleh komputer kemudian dikirimkan ke pusat data melalui sarana telekomunikasi bisa line telpon, Vsat maupun radio, ATM ini dapat dimonitor statusnya dari pusat data sehingga dapat diketahui apakah ATM ini sedang mati atau uangnya sudah habis.

Mesin ATM terdiri dari 2 bagian :

Bagian Atas (Upper Compartement) :
1. Monitor
2. Customer keypad
3. Card reader
4. Journal printer
5. Receipt Printer

Bagian Bawah (Lower Compartement) :
1. Combination lock
2. Dispenser module
3. Cash cassette
4. Reject cassette
5. CPU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS REVIEW JURNAL (WIRESHARK)

PROFESI PADA BIDANG SI/TI DAN TREND SI/TI PADA SAAT INI

TREND SI/TI MASA DEPAN DAN DALAM BIDANG BISNIS

ITIL (INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY) & STRATEGI LAYANAN ITSM

DESAIN & TRANSISI LAYANAN

OPERASI LAYANAN & PENGELOLAAN LAYANAN BISNIS

TUGAS SISTEM KEAMANAN TEKNOLOGI INFORMASI 3